Ceminan Hati

Selamat datang di blog cerminan hati,, kami sajikan kisah-kisah dunia muslim dll,, semoga bermanfaat,, dan mengambil hikmahnya dari kisah-kisah tsb.....

Jumat, 12 November 2010

Kebersahajaan Itu Akan Menyelamatkan dari Kebinasaan

Kebersahajaan Itu Akan Menyelamatkan dari Kebinasaan

Kesmpurnaan kebahagian itu terdapat dalam tiga hal:
1.      Kebersahajaan dalam marah.
2.      Kebersahajaan dalam syahwat.
3.      Kebersahajaan dalam ilmu.


Itu berati bahwa dibutuhkan sikap bersahaja agar kekuatan syahwat tidak semakin bertambah. Sebab, dengan makin bertambahnya kekuatan syahwat akan mendorongnya ke wilayah murahaan, dan dia hancur dengan sendirinya. Rasulullah sendiri pernah bersabda, “Sebaik-baiknya urusan adalah tengah-tengahnya.”
Jika dua kekuatan itu dalam kesahajaan dan dikendalikan dengan kekuatan ilmu, maka dia akan diarahkan kejalan hidayah. Jika marah melewati batasnya maka akan sangat gampang bagi seseorang yang sedang marah besar ini akan memukul atau membunuh. Namun ketika kekuatan marah ini terlalu lunak, maka akan hilang gairah dalam beragama dan menjalani hidup didunia. Sedangkan, ketika marah itu dalam kesehajaan, maka yang akan muncul adalah kesabaran, keberanian, dan hikmah.
Demikian pula dengan kekuatan syahwat. Jika kekuatan itu melebihi batas kewajarannya, maka yang akan muncul adalah kefasikan dan kekejian. Namun jika kekuatan itu tak berdaya, maka yang akan muncul adalah sikap lemah dan lunak. Sedangkan ketika kekuatan itu berada dalam kesehajaannya, makay ang muncul adalah keterjagaan kehormatan diri dari kepuasan. Dalam sebuah hadis disebutkan: “Hendaklah kalian itu berlaku sahaja.”
Allah berfirman:
{Dan, demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (Umat Islam) umat yang adil dan pilihan.}
(QS, Al-Baqarah:143)
13 nov 2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar